Senin, 04 Maret 2013

Cara Merakit Komputer dan Merawat Komputer dengan baik

Cara Merakit Komputer Lengkap - Untuk merakit komputer dan mendapat hasil yang optimal, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian serta sedikit pengetahuan tentang komputer. Untuk merakit komputer tidak diperlukan yang namanya menyoder atau lainnya, karena anda hanya memasang dan menghubungkan soket-soket yang sudah disediakan.

Nah kita mulai mengenal istilah dalam perakitan komputer

1. Casing
Tempat atau rumah dari semua hardware komputer.

2. CPU/Procesor
Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU.

3. RAM 
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
4. Hard Disk
Cakram keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
5. Optik Device (vcd/DVD)
Perangkat tambahan untuk Input data menggunakan Optic seperti VCD dan DVD

Cara Merakit Komputer Lengkap

1. Persiapan Merakit Komputer
  • Gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak dengan barang elektronik, untuk menghindari konslet,
  • Gunakan sandal untuk menghindari strum ringan
  • Penentuan Konfigurasi Komputer
  • Persiapan Kompunen dan perlengkapan

Pengamanan
  • Siapkan wadah untuk menyimpan benda2 kecil;
  • Siapkan Perlengkapan seperti obeng dll
  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
  • Tentukan kompunen apa saja yang ingin digunakan baik itu hardware atau sofware

2. Proses Perakitan Komputer
  • Penyiapan motherboard
  • Memasang Prosessor
  • Memasang heatsink
  • Memasang Modul Memori
  • memasang Motherboard pada Casing
  • Memasang Power Supply
  • Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  • Memasang Drive
  • Memasang card Adapter
  • Penyelesaian Akhir
  
A. Pemasangan Mother Board
Pertama kali dalam tahap perakitan yaitu pemasangan Mother board, pasangkan Motherboard pada casing, dan pemasangan jumper harus sesuai (baca Buku manual) Pemasangan jumper yang salah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hardware.

B. Memasang Prosessor
Sebelum memasang prosessor ada baiknya kita mempelajari kinerja slot prosesor, nah setelah paham, lihat tanda yang ada di atas prosesso dan yang ada pada prosesornya, jangan sampai prosessor terbalik (catatan Setiap edisi dan type prosesor akan berbeda, pastikan prosessor yang anda gunakan sesuai dengan Motherboard).

C. Memasang Heitsink

Akan agak sulit dalam pemasangan heitsink (pendingin, biasanya ada salf yang di bubuhi di antara procesor dan Heitsink, di atasnya ada kopas yang di hubungkan dengan motherboard berfungsi mengalirkan udara panas dari motherboard.

D. Memasang Memory RAM
Ada beberapa jenis memori seperti SIMM, RIMM dan DIMM , pastikan motherboard Mendukung RAM, pasangkan dengan hati2 (jangan pasang ram ketika terhubung dengan listrik karena dapat merusak komponen)

E. Memasang Motherboard pada Casing
  • Pasangkan Motherboard pada casing Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
  • Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
  • Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  • Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
  • Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.

F. Memasang Power Supply
Pasangkan Power suply pada casing, dan colokan suply listrik, pada motherboard, CD,hard drive,

G. Memasang Drive

Drive mempunyai kabel penghuung berupa SATA atau ATA (disertakan dalam pembelian hardrive) hubungkan kabel tersebut dari Drivr (DVD,hard disk, Flopy) ke motherboard dan jangan lupa slot yang dari power supply.

H. Memasang Card Adapter
Card adavter atau lebih ramah di panggil VGA, ada beberapa atau kebanyakan motherboard menggunakan option onboard (berarti VGA nya sudah ada di dalam motherboard) kalaupun tidak onboard, Pemasangan VGA sangat mudah, seperti kalanya memasang kabel yang lainya.

I. Penyelesaian Akhir
  • Pasang penutup casing dengan menggeser
  • Sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
  • Pasang konektor monitor ke port video card.
  • Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
  • Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
  • Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.

Pengujian setelah selesai merakit komputer
  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.

    1. Kerusakan, Bunyi Beep panjang berulang kali
    Apabila indikasinya adalah bunyi beep panjang pada saat melakukan boot (hidupkan) komputer dan lampu power monitor serta lampu power CPU sudah dalam keadaan ON namun pada monitor tidak bisa menampilkan gambar atau tidak muncul apa-apa (blank screen), maka sudah dapat dipastikan bahwa ada masalah yang terjadi pada memori komputer (RAM). Atau Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang. Solusi untuk kerusakan ini yaitu sebagai berikut. Untuk mengatasi masalah seperti bunyi beep panjang tersebut maka perlu dilakukan pembongkaran CPU (Central Processing Unit) untuk membersihkan kuningan pada kepingmasalah yang terjadi pada memori komputer (RAM). Atau Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang. Solusi untuk kerusakan ini yaitu sebagai berikut. Untuk mengatasi masalah seperti bunyi beep panjang tersebut maka perlu dilakukan pembongkaran CPU (Central Processing Unit) untuk membersihkan kuningan pada keping memori atau dapat juga dengan mengganti memori lama dengan memori yang baru.
    2. Kerusakan, Bunyi Beep panjang diikuti dengan bunyi pendek
    Dari mendengar bunyi yang dihasilkan berupa bunyi beep panjang dan pendek serta pada monitor tidak menampilkan apa-apa, biasanya kerusakan terjadi pada display adapter, lebih sering disebut VGA card, baik .Solusinya yaitu apabila terjadi kerusakan pada VGA card maka tindakan penyelamatan adalah melakukan pembersihan pada VGA card tepatnya pada bagian kuningan yang terkoneksi ke mainboard apabila menggunakan VGA card Not Onboard. Apabila menggunakan VGA Card On Board maka caranya harus memasang sebuah VGA pengganti pada slot VGA yang tersedia baik pada slot PCI, AGP atu PCI Express.
    Selain Itu, Untuk mengetahui jenis kerusakan atau permasalahan yang sering terjadi pada komputer ketika dinyalakan, dapat dikenali melalui bunyi beep yang muncul pada speaker mainboard pada saat pertama kali komputer dihidupkan.
    Dengan mengenal bunyi beep pada tiap motherboard kita dapat mengetahui kerusakan atau masalah pada motherboard. Diantaranya :

    Mainboard dengan BIOS Award dan BIOS Phoenix :
    -        Bunyi beep pendek 1 kali : Sistem Normal.
    -        Bunyi beep pendek 2 kali : Kerusakan/kesalahan pada CMOS.
    -        Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali : Kerusakan/kesalahan pada DRAM/ram atau terjadi short ram.
    -        Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali : Kerusakan/kesalahan pada VGA Card/sering terjadi bila menggunakan vga onboard.
    -        Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali : Kerusakan/kesalahan pada keyboard atau pada VGA Card,sering ditandai dengan tidak menyalanya lampu led pada keyboard.
    -        Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali : Kerusakan/kesalahan pada ROM
    -        Bunyi beep panjang berkali-kali : Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang
    -        Bunyi beep pendek berkali-kali : Tenaga pada power supply tidak cukup, segera ganti power supply atau periksa kabel-kabel power supply.

    Mainboard dengan BIOS AMI :
    -        Tidak ada bunyi beep : Kerusakan/kesalahan pada mainboard, powersupply, atau speaker internal.
    -        Bunyi beep pendek 1 kali : Sistem normal.
    -        Bunyi beep pendek 2 kali : Kerusakan/kesalahan pada DRAM.
    -        Bunyi beep pendek 3 kali : Kerusakan/kesalahan yang sama dengan bunyi bip pendek 2 kali.
    -        Bunyi beep pendek 4 kali : Kesalahan tanggal dan waktu pada sistem.
    -        Bunyi beep pendek 5 kali : Kerusakan pada prosesor/mainboard.
    -        Bunyi beep pendek 6 kali : Kerusakan/kesalahan pada keyboard.
    -        Bunyi beep pendek 7 kali : Kerusakan/kesalahan yang sama dengan bunyi bip pendek 5 kali.
    -        Bunyi beep pendek 8 kali : Kerusakan/kesalahan pada VGA.
    -        Bunyi beep pendek 9 kali : Kesalahan pada saat checksum rom.
    -        Bunyi beep pendek 10 kali : Kerusakan/kesalahan pada CMOS.
    -        Bunyi beep pendek 11 kali : Kerusakan/kesalahan pada Cache Memory.
    -        Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali : Kesalahan pada saat memory test.
    -        Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 8 kali : Kesalah pada saat pengecekan VGA.
    Tipe AMI BIOS :
    -        1x suara BEEP panjang
    Ada kemungkinan RAM mati atau terpasang tidak benar, sehingga menyebabkan kegagalan refresh DRAM.
    -        2x
    Kegagalan rangkaian parity. Pada saat data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau mainboard.
    -        3x
    Kegagalan base memori 64K, kegagalan ini biasanya disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM.
    -        4x
    Kegagalan sistem timer, kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.
    -        5x
    Kegagalan processor, dapat disebabkan panas berlebih, atau karena proses tidak terpasang benar kedalam socketnya.
    -        6x
    Kegagalan keyboar controller/gate A20, keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard anda
    -        7x
    kesalahan pembacaan processor kemungkinan adanya kerusakan pada processor
    -        8x
    kesalahan baca/tulis memory display
    -        9x
    Kerusakan BIOS
    -        10x
    Kesalahan CMOS
    -        11x
    Kerusakan cache memori

    Semua type Motherboard
    -        kalau ada Bunyi Beeb pendek 1 x , itu tandanya komputer baik-baik saja
    -        2.kalau bunyi Beep… panjang 1x, masalah pada Hardisk.
    -        3. Beep.. panjang 1x trus Beeb pndek 1x, Motherboardnya bermasalah.
    -        4.Beeb.. panjang 1x terus Beeb pendek 2x, VGAnya bermasalah.
    -        5. Beep Panjang 3x, Keyboardnya error
    -        6.Beep, Beep (pendek) terus2an, coba periksa Power supplynya
    -        7.Beep… Panjang terus2an, berarti ada masalah pada Memorinya.

    3. Kerusakan, Bunyi Seperti Detak Jarum Jam
    Apabila terdengar bunyi seperti detak jarum jam dinding/jm weker namun terasa lebih keras dibandingkan dengan detak jarum jam, diperkirakan sudah terjadi masalah pada media penyimpan data (storage device) yaitu harddisk, namun komputer berjalan dengan baik hanya sedikit melambat.untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi yaitu dengan solusi berikut apabila kerusakan komputer dengan tanda-tanda seperti di atas, maka anda harus waspada terhadap data-data anda yang tersimpan di dalam harddisk karena tanda di atas menjukkan ada kerusakan pada harddisk komputer anda, segeralah melakukan back up data anda ke media lain seperti hard disk lain atau ke cd (compact disk).


    4. Kerusakan, Muncul Pesan NTLDR Is Missing
    Pesan NTLDR Is Missing yang ditampilkan pada monitor dikarena ada masalah yang terjadi pada sistem operasi windows yang sedang kita gunakan, kemungkinan adalah salah satu file dari sistem operasi mengalami kerusakan atau corrupt yang dapat disebabkan oleh virus maupuan penyebab lainnya.Solusi untuk kerusakan ini yaitu sebagai berikut apabila anda menemukan pesan NTLDR Is Missing yang ditampilkan pada monitor saat pertama kali menghidupkan komputer, maka dapat dipastikan
    Keempat mengenal kerusakan komputer di atas adalah merupakan kerusakan yang paling sering terjadi pada komputer yang kita gunakan setiap hari, oleh karena itu saya merasa masalah di atas perlu saya tulis di blog tobipuken ini agar dapat membantu semua pengunjung yang mungkin menemukan permasalahan seperti ini.
    Sebenarnya ada beberapa penyebab yang menyebabkan kerusakan komputer seperti yang sudah saya tulis di atas, dan penyebab-penyebab itu diantaranya adalah, Kurangbaiknya tegangan listrik, seringnya pemadaman listrik secara tiba-tiba, penggunaan komputer tidak sesuai dengan prosedur yang benar.
    Selain itu, Ada beberapa cara dimana pesan “NTLDR is missing” menampakkan diri, misalnya seperti dibawah ini;
  6. “NTLDR is missing Press any key to restart”
  7. “NTLDR is missing Press Ctrl Alt Del to restart”
  8. “Boot: Couldn’t find NTLDR Please insert another disk”
Pesan “NTLDR missing ” biasanya langsung tampil setelah komputer baru saja dihidupkan, yaitu segera setelah Power On Self Test (POST) selesai. Kasus seperti ini sampai sekarang hanya terjadi pada Windows XP atau versi sebelumnya. Ada beberapa kemungkinan penyebab NTLDR errors, termasuk pesan kesalahan yang paling umum “NTLDR is missing”.
Penyebab Kesalahan NTLDR :
  1. Alasan paling umum untuk kesalahan ini adalah ketika PC Anda sedang mencoba untuk boot dari hard drive atau flash drive yang tidak dikonfigurasi untuk boot, dalam kata lain mencoba untuk boot dari sumber non-bootable. Hal ini juga akan berlaku untuk media optical drive atau floppy drive yang Anda coba sebagai sumber boot.
Menginstall OS Windows 7 di komputer memang tidak terlalu sulit. Namun, bagi pemilik netbook yang tidak dilengkapi dengan DVD/CD RW, terkadang cukup kesulitan. Namun, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan flash disk sebagai sarana untuk menginstall OS Windows 7.
Cara untuk menginstall OS Windows 7 melalui USB flash disk tidak terlalu susah. Langkah pertama adalah Anda harus membuat bootable Windows 7 USB flash disk terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:
1. Unduh program Windows 7 USB/DVD Tool berikut dan install. Anda bisa mengunduh program tersebut di sini .
2. Pastikan Anda memiliki flash disk dengan kapasitas 4GB.
3. Jalankan program Windows 7 USB/DVD serta browse lokasi file ISO Windows 7 Anda.

4. Langkah berikutnya, Anda bisa memilih tipe media yang dipakai. Di sini, Anda bisa memilih media berupa USB flash disk atau DVD. Dan, pada tutorial kali ini adalah USB flash disk.
5. Setelah memilih media, Anda bisa klik tombol Begin copying.

6. Dan, proses pembuatan Bootablet Windows 7 di USB flash disk telah selesai. Anda bisa mereboot komputer Anda dan bisa menginstall Windows 7.



                                               10 TIPS PERAWATAN KOMPUTER
  • Jangan mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power, tunggulah sampai Windows benar-benar telah mati ter-shut down dengan sempurna.
Satu pengecualian adalah ketika komputer Anda crash dan terkunci (sering disebut juga dengan ‘hang’) dimana lampu indicator harddisk tidak berkedip yang menunjukkan bahwa harddisk sudah tidak bekerja. Dalam situasi ini, menekan tombol power off adalah satu-satunya cara. Cara seperti ini dapat mengakibatkan hilangnya data atau file Windows, lakukan cara ini bila benar-benar situasi harus membuat anda menekan tombol tersebut.
  • Gunakan UPS (uninteruptable power supply) untuk menjaga komputer dari crash selama listrik padam. UPS juga melindungi komputer dari turun naiknya tegangan. UPS yang dilengkapi dengan fitur “surge protector” akan melindungi komputer dari hampir semua jenis ganggunan pada tegangan listrik.
  • Backup, backup dan backup data. Gunakan dua drive yang terpisah secara fisik (bukan hanya berbeda partisi dalam drive fisik yang sama) seperti hard drive eksternal, Zip disk, CD-RW dll
  • Jalankan Scandisk dan Defragmentasi setidaknya sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive agar tetap baik dan mencegah crash.
  • Jangan cabut perangkat atau peripheral dari komputer ketika sedang menyala. Mencabut ketika komputer sedang menyala dapat mengakibatkan hubungan singkat pada soket konektor atau motherboard. Satu-satunya pengecualian adalah jika anda menggunakan peripheral “hot pluggable”
  • Sisakan setidaknya 300MB pada drive C: untuk digunakan oleh Windows. Jika menggunakan Windows XP atau Vista maka sediakan space kosong di drive C: sekitar 400-600 MB. Hapus program aplikasi yang tidak diperlukan dengan menggunakan ADD/Remove pada panel control Windows untuk mengurangi pemakaian space. Program aplikasi seperti CCleaner juga dapat dipakai untuk menghapus file temporary, registry yang tidak terpakai secara aman.
  • Periksa dan kurangi program aplikasi yang di load secara otomatis saat start-up Windows. Program aplikasi seperti ini menggunakan memory dan Windows Resources. Program seperti ini biasanya juga akan terlihat pada Windows System Tray (di bagian kiri bawah layar). Konfigurasikan agar program tidak dimuat dalam daftar start-up Windows, untuk program lain yang berjalan pada mode Background dapat dilihat dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Untuk me-non-aktifkan program tersebut Anda dapat menggunakan utility seperti SysInternals AutoRun.
  • Gunakan dan lakukan pemeriksaan komputer dengan program antivirus secara teratur. Perlindungan terbaik adalah pemantauan real-time dari program antivirus. Berikutnya adalah gunakan virus checker online seperti Housecall disediakan oleh Trend Micro.
  • Program firewall juga penting untuk membatasi akses dari dunia luar menuju ke sistem anda. Beberapa firewall juga dilengkapi dengan fitur alarm yang akan memberitahukan kepada anda bila ada aktivitas mencurigakan pada sistem yang Anda gunakan.
  • Ketika anda membeli peripheral atau perangkat lunak baru biasanya Anda juga mendapatkan CD berisi driver dan program aplikasi untuk menunjang dan dibutuhkan dalam penggunakan perangkat baru tersebut. Jika karena satu dan lain hal Anda harus menginstall ulang Windows, maka Anda akan membutuhkan driver dan aplikasi tadi. Oleh karena itu simpan baik-baik CD instalasi ditempat yang aman dan mudah diingat. Anda tidak akan pernah tau, kapan Anda akan membutuhkannya. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menyatukan dan meng-copy semua file instalasi & driver kedalam media lain seperti USB Flash drive atau Harddisk external yang anda simpan secara khusus untuk keperluan instalasi ulang.                                                                                                                                               CARA MERAWAT MOTHER BOARD                                                                                            
    Agar mainboard ini bisa lebih lama atau awet dalam pemakaian maka perlu diperhatikan tips singkat berikut ini :

  • Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
  • Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
  • Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
  • Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
  • Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
  • Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dlam seminggu.                                                                                  -CARA MERAWAT HARDISK-                                                       
    Berikut adalah beberapa cara Merawat Harddisk yang baik dan benar :

    1.Installlah sebuah antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda..kalo bisa antivirusnya harus rutin di update.

    2.Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang
    penting.

    3.Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada batsector didalam harddisk.

    4.selalu lakukan Defragment 2 minggu sekali agar data data didalam harddisk selalu tersusun rapi.

    5.Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file,duplikat file,dan recycle byn..anda bisa menggunakan System Cleaner

    6.Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU..karena Harddisk sangat sensitiv.jika terkena goncangan,maka data data didalam harddisk terancam hilang.

    7.jangan menyimpan data terlampau banyak.maksudnya jangan sampai free harddisk sampe tinggal beberapa kylobyte..tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 20 MB..apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.

    8.uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk

    9.Pakailah UPS atau Stavolt..Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam,komputer tidak akan langsung mati.jadi kita bisa menyimpan dulu data baru dimatikan.Komputer yang tiba tiba mati tanpa di shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.

    10.ventilasi yang cukup..jangan meletakkan CPU ditempat yang terlalu sesak atau sempit..karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas.Jadi        sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan ditempat yang agak luas..             
  •                                                  CARA MERAWAT MONITOR   

  • Nah berikut ini aku mau kasih beberapa cara yang harus kita lakukan untuk merawat monitor kita.
    1. Jangan menutup ventilasi udara monitor dengan kain plastik
    Memang sih menutup ventilasi udara monitor dengan kain plastik berguna untuk menghindarkan dari debu. Tetapi monitor juga alat elektronik yang dapat menghasilkan panas. Maka dari itu panas yang dihasilkan oleh monitor harus kita buang melalui ventilasi tersebut. Jadi kalau mau ditutup, lakukan setelah kita selesai menggunakan komputer tersebut.
    2. Jangan pernah menaruh benda cair diatas monitor kita
    Kalian pasti tau kan kalau benda cair itu penghantar listrik terbaik, jadi jangan sampai ada benda cair tumpah ke monitor kita. Kalau sampai tumpah dan terjadi hubungan arus pendek, bisa-bisa komponen monitor kita yang rusak. Alhasil, kita jadi tidak bisa menggunakannya lagi lho.
    3. Bersihkan monitor dari debu
    Bagi kamu yang malas untuk membersihkan monitor, mulai sekarang bersihkanlah monitor bagian luar setiap hari. Debu juga mempunyai zat besi, jadi jangan sampai ada debu yang masuk ke dalam monitor sehingga menimbulkan hubungan arus pendek yang berakibat pada kerusakan komponen monitor.
    4. Gunakanlah stabiliser
    Kita juga harus menggunakan stabiliser yang baik dan jangan sembarangan menggunakan stabiliser. Kita juga harus mempunyai penggerak motor yang berfungsi untuk menghindari terjadinya naik turunnya tegangan listrik.
    Perawatan monitor kita sama pentingnya dengan perawatan wajah kita, jadi jika monitor kotor atau rusak maka akan terasa tidak nyaman.
    Semoga tips diatas bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya. Rajinlah merawat monitor Anda :D
                                                        CARA MERAWAT CPU
    1.  Pakailah UPS ( Uninterruptible Power Supply ) atau Stabilizer / Stavolt. Kalau bisa kedua-duanya UPS berguna untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau tidak ada UPS gunakan lah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

    2.  Bersihkan Motherboard dan komponen lainnya secara berkala. Setidaknya 6 bulan sekali harus dibersihkan. Juga pada saat tidak digunakan tutuplah komputer dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke komputer.

    3.  Pasang kabel ground. Hal ini digunakan untuk menetralkan jika ada listrik nyasar di casing CPU agar casing CPU lebih awet.

    4.  Secara berkala bersihkan lah disk drive menggunakan disk cleaner atau sejenisnya.

    5.  Bersihkan Power Supply Unit karena jika kotor dapat membuat suhu komputer melonjak.

    6.  Jauhkan lah benda cair dari komputer karena bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik.

    7.  Jangan melepas atau mencabut perangkat dalam kondisi komputer sedang hidup, Karena dapat  mengakitbatkan kerusakan komponen karena adanya hubungan singkat di konektor.

    8.  Berilah Ventilasi yang cukup. Karena ventilasi yang kurang baik akan membuat komponen cepat panas. Usahakan ruang antara CPU dan dinding 30 cm.

    9.  Tutup / close program yg tidak digunakan karena setiap program yang di load membutuhkan RAM. Semakin banyak program yang digunakan jadinya komputer lelet dan memperpendek umur komputer.

    10. Gunakanlah antivirus dan update lah secara berkala karena virus membuat harddisk anda jadi cepat rusak.
  •                                                      CARA MERAWAT CD ROOM
  •  
  • Saat memasukkan cd/dvd ke dalam cd/dvd drive pastikan posisinya sudah pas dan tidak meleset. Hal ini bertujuan agar nantinya cd/dvd yang anda masukkan bisa terbaca dengan baik
  • Pastikan cd/dvd yang anda masukkan tidak dalam keadaan kotor karena dapat merusak optik di dalam cd/dvd drive. Bersihkan cd/dvd anda dengan tisu atau kain bersih, atau jika ada bersihkan dengan pembersih khusus.
  • Matikan autorun. Jika fitur ini dalam keadaan hidup, maka setiap ada keping cd/dvd yang masuk akan otomatis berjalan tanpa perlu kita eksekusi.
  • Pastikan keadaan sekitar komputer anda selalu bersih terutama pada bagian cd/dvd drive. Ruangan yang kotor dan berdebu dapat mempengaruhi pembacaan dari optical drive yang sangat sensitif.
  • Jangan mengeluarkan cd/dvd saat sedang digunakan.                                                                                                               
    Penyebab Harddisk Rusak
    10 Penyebab Harddisk Rusak - Banyak user teledor dalam perawatan dan penggunaan, berawal dari ketidaktahuan dan berujung pada kerusakan fatal. Berikut ini saya akan sedikit membantu membangun pengetahuan (share) kepada Anda, apa saja penyebab harddisk rusak, sehingga resiko kerusakan bisa di minimalisir:
    Harddisk Rusak masih menjadi problem klasik dan berkepanjangan. Anehnya, sering kali user menyalahkan vendor yang tidak pecus dalam memproduksi suatu barang. Pernyataan ini tidak bisa dibenarkan karena hampir 85% faktor kerusakan disebabkan oleh perlakuan user sendiri. Banyak user yang teledor dalam merawat dan menggunakan harddisk, berawal dari ketidaktahuan dan berujung pada kerusakan fatal.

    Berikut ini beberapa penyebab harddisk rusak, sehingga resiko kerusakan bisa di minimalisir:



Penggunakan komputer terlalu lama dan minimnya pendingin, sehingga harddisk menjadi panas dan komponen lemah dan mudah rusak

Sering memutar musik dan video dari harddisk sehingga mengakibatkan head akan membaca track-track harddisk secara terus menerus. Logikanya, jika suatu barang sering beraktifitas maka kualitasnya akan menurun


Ketika harddisk aktif bekerja akan sangat berbahaya bila terjadi goncangan atau getaran dapat mengakibatkan hardisk bad sector atau rusak karena terjadi gesekan pada komponen platter dan track. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan melakukan aktifitas (laptop keadaan aktif) saat berada dalam ruang atau tempat tidak stabil karena akan mengganggu signal digital


Kondisi tegangan listrik yang tidak normal dapat mengakibatkan kerusakan harddisk, bukan hanya listrik padam saja, melainkan stabilitas dari listrik juga sangat berpengaruh. Saat listrik tidak stabil, sangat tidak disarankan untuk memaksa laptop dan komputer tetap beraktifitas, atau bisa dengan alternatif menggunakan UPS untuk menghindari gangguan listrik. Jika listrik sudah padam, lepas kabel power atau adapter charge dari stecker kemudian pasang lagi, untuk netralisasi tegangan


Harddisk yang tidak di rawat, dimana tidak dibuang file sampah, file tidak terusun rapi sehingga file saling menimpa, serta head hardisk membaca secara acak karena susunan file tidak tertata rapi, juga dapat mengakibatkan bad sector pada harddisk


Gaming adalah sama dengan aktifitas merusak harddisk. Saat memainkan game, maka biasanya game akan menyediakan sebuah file sebagai data proses dari game, dan selama memainkan game tersebut, indikator (lampu) harddisk akan bekerja ektra keras, akibatnya hardisk menjadi cepat panas, dan panas adalah faktor utama penyebab kerusakan harddisk


Bagi pengguna laptop, sangat tidak disarankan untuk membawa atau menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby karena dapat merusak harddisk. Posisi tersebut sebenarnya masih dalam keadaan aktif, jika terjadi gerakan atau goncangan maka akan mengganggu signal digital harddisk


Mematikan secara paksa dan tidak sesuai prosedur juga dapat mengancam sekaligus mengurangi umur harddisk. Misalnya dengan menekan tombol power atau menggunakan aplikasi fast shutdown yang pada dasarnya tidak sesuai standart


Sering melakukan instal dan uninstal software juga dapat mengurangi umur harddisk, termasuk instal ulang operating system. Jika tidak terlalu urgen, tidak perlu melakukan instal ulang


Over defragment pada dasarnya sangat berbahaya untuk harddisk, disarankan untuk melakukan harddisk ketika harddisk mengalami penurunan performa atau paling tidak 2 bulan sekali.

Semoga dengan postigan 10 Penyebab Harddisk Rusak ini membuat kita sadar dan bisa lebih waspada dalam memperlakukan haddisk. 
 

CIRI CIRI MEMORY RAM RUSAK


Sudah saya jelaskan apa itu yang dinamakan RAM,jenis jenis RAM serta Kegunaannya didalam komputer.Baca: Cara menambah memori RAM
Sekarang akan kita bahas tentang akibat akibat yang terasa pada komputer jika RAM rusak.
Seperti pada jenis hardware komputer lainnya,memory RAM adalah salah satu hardware yang paling sering mendapat masalah.Banyakhal yang bisa menyebabkan sebuah RAM menjadi rusak.Salah satunya adalah konsleting listrik yang terjadi disaat seseorang memasang RAM pada motherboard.

Terkadang seorang teknisi komputer berpengalaman akan melepas dan memasang memori RAM tanpa memutus aliran listrik.Beberapa bahkan tanpa mematikan komputernya.Hal itu karena dia memang sudah sangat berpengalaman dengan hal itu.Sedikit saja bisa terjadi kesalahan saat melepas atau memasang memory saat listrik masih mengalir pada motherboard.Walaupun memory RAM sudah ada nocth,jika tidak terbiasa jangan pernah lakukan itu.

Masalah masalah umum lainnya yang bisa menyebabkan RAM rusak adalah: 

  • Ketidakstabilan daya listrik.
  • Terlalu sering melakukan overclocking.
  • RAM kepanasan akibat hardware lain.
  • Karena pemakaian komputer yang terlalu maksa.
  • Kesalahan penanganan RAM.
  • Adanya kotoran (korosi) pada pin atau slot RAM pada motherboard.Mungkin saja RAM tidak rusak,namun terhambatnya aliran listrik akibat korosi bisa membuat RAM seolah rusak.
  • Kemungkinan Memori RAM sudah rusak sebelum dipakai juga bisa walaupun kecil kemungkinannya,untuk itulah perlu meminta garansi pada saat membelinya.
Dari beberapa penyebab kerusakan diatas,tidak serta merta akan membuat RAM rusak total.RAM dibuat dari penggabungan beberapa set,RAM seringkali mengalami kerusakan secara perlahan hingga 100%.Walaupun ada kerusakan RAM yang tergolong ringan,tentu akan terasa jika kita sudah terbiasa menggunakan komputer tersebut.Misalnya saja menurunnya performa komputer secara drastis,komputer menjadi lambat,sering restart sendiri,komputer sering hang dan komputer tersendat sendat saat menjalankan aplikasi.

Secara fisik kerusakan pada RAM seringkali ditandai dengan:

  • Komputer mengeluarkan bunyi saat booting.
  • Terjadi bluescreen saat instalasi windows.
  • Pada akibat yang lebih parah dari kerusakan RAM,Komputer tidak akan bisa booting dengan ditandai oleh suara "BEEP" yang berulang ulang.

Namun untuk memastikan apakah RAM benar benar rusak perlu beberapa langkah diagnosa.
Bisa jadi akibat akibat yang ditimbulkan diatas hanya gara gara slot RAM kurang terpasang dengan baik atau ada korosi pada PIN RAM.
Caranya: Matikan komputer kamu dengan cara melepas stop kontak listrik.Copot seluruh memori RAM (jika lebih dari 1 set),bersihkan kaki kaki (pin) dan pasang RAM kembali.Selain itu,periksa juga seluruh kabel kabel yang menghubungkan hardware dengan PSU (power suplay).
Jika tanda tanda kerusakan diatas belum teratasi,kemungkinan RAM kamu memang benar benar sudah koit.Cobalah untuk mencari pinjaman RAM yang nganggur punya teman,tapi pastikan dulu jika RAM tersebut kompatibel dengan motherboard komputer kamu.Jika masalah masalah komputer kamu langsung beres,jangan segan lagi untuk mengganti RAM tersebut.

Namun bagaimana jika masalah belum beres?,,,,,tentu saja kerusakan yang terjadi bukan diakibatkan oleh memori RAM.Bisa saja masalah yang ada tersebut disebabkan oleh gangguan (kerusakan kecil) pada PSU,sehingga kinerja RAM terganggu.Maka untuk memastikannya, kamu juga perlu untuk memeriksa kelayakan power suplay komputer.

irectory, Fungsi dan Hirarki di Linux

Sistem berkas di linux yang menganut sistem hirarki dimana bentuk dari hirarki ini seperti pohon (tree) dan directory         /(root) terletak di level teratas.
Dari sejarah FHS (Filesystem Hierarchy Standard) FHS ini adalah standart sistem operasi mirip unix pertama kali dibuat pada bulan agustus 1993 sebagai usaha untuk meyatukan struktur,  berikut ini beberapa direktori menurut standart FHS :


 undefined


Berbicara mengenai sebuah operating sytem tidak jauh dari struktur direktori di dalamnya yang memiliki fungsi dan peranan masing-masing untuk menunjang berjalannya kebutuhan dari kinerja operating system tersebut. Berikut peranan masing-masing dari hirarki file system yang ada pada operating system Linux:



/root/ (root directory) : adalah struktur paling dasar yang harus bisa melakukan boot, perbaikan atau mengembalikan sistem seperti dalam keadaan semula. dalam struktur paling atas ini harus dibuat sesederhana mungkin.


/bin/ : directory ini berisi progam perintah esensial yang dibutuhkan oleh semua user. progam-progam disini dapat dijalankan, meskipun tidak ada sistem file lain yang di mount. directory ini tidak memiliki subdirectory.ini perintah-perintah yang harus ada di directory /bin cat, chgrp, chmod, chown, cp, date, dd, df, dmesg, echo, false, hostname, kill, ln, login, ls, mkdir, mknod, more, mount, mv, ps, pwd, rm, rmdir, sed, sh, stty, su, sync, true, unmount, uname.


/boot/ : berisi semua program biner dan data yang di butuhkan untuk menjalankan (boot) sistem, kecuali konfigurasi sistem.


/dev/ : directory ini berisi file device, baik device blok maupun device karakter. di dalamnya minimal harus ada file biner MAKEDEV untuk membuat device ini secara manual.


/etc/ : directory ini berisi file konfigurasi . tidak boleh ada file biner di bawah /etc. sucdirectory yang harus ada adalah /etc/opt, dan dua directory lainnya bersifat pilihan, yaitu /etc/X11, /etc/xml. sedangkan file konfigurasi yang harus ada jika subsistem terkait diinstall adalah esh.login, exports, fstab, ftpusers, gateways, gettydefs, group, hosts.conf, hosts.allow, hosts.deny, hosts.equiv, hosts.lpd, intend.conf, inittab, issue, id.so.conf, motd, mtab, mtools.conf, networks, passwd, printcap, profile, protocols, resolv.conf, rpe, securetty, serveces, shells, syslog.conf .

/home/ : directory untuk setiap user yang terdaftar di dalam sistem. di dalam directory masing-masing user, dapat dibuat konfigurasi yang spesifik untuk user bersangkutan, dengan menuliskan file konfigurasi berawalan .(tanda titilk). jika lebih dari satu, maka dibuat directory berawalan.(dot directory), dan file konfigurasi didalamya, tanpa membutuhkan titik di depan.

/lib/ : directory lib berisi pustaka bersama yang digunakan secara bersama-sama oleh satu pihak program atau lebih. standar pustaka yang dibutuhkan dapat merujuk pada LSB.

/media/ : point pengaitan pada media yang dapat dibongkar pasang seperti disket, USB disk, Zip drive, dan sebagainya. subdirectory yang ada dibawah /media adalah /media/floppy, /media/cdrom, /media/cdrecorder, /media/zip.

/mnt/ : directory tempat pengaitan sistem file sementara /temporary. tidak boleh ada file biner yang digunakan oleh sistem yang diletakkan disini.

/opt/ : berisi paker aplikasi tambahan (add-on), biasanya berupa aplikasi biner/ propiertary. struktur diretorynya sama dengan struktur yang dibutuhkan oleh sistem. direktory ini untuk menampung provider-provider aplikasi, yang ingin menyertakan program binernya ke dalam sistem linux.

/sbin/ : berisi program biner essensial yang dibutuhkan untuk menjalankan dan memperbaiki sistem. biasanya di eksekusi oleh administrator sistem (root) file-file biner yang ada di /sbin ada fastboot, fasthalt, fdisk, fsck, fsck.*, getty, halt, iconfig, init, mkfs, mkfs.*, mkfswap, reboot, route, swapon, swaporf, update.

/srv/ : directory ini berisi data untuk semua layanan sistem yang bersangkutan. biasanya nama layanan dituliskan sebagai subdirektori. misalnya /srv/ftp, /srv/www dan sebagainya.

/tmp/ : directory untuk menyimpan file temporary.

/usr/ : ini merupakan directory terbesar kedua setelah diretory / (root), berisi sistem file lengkap sebagaimana sistem file dasar. isi file directory ini dapat dibagi untuk semua user sistem dan hanya ada akses baca saja (read-only). isi dari directory file antaralain bin, include, lib, local, sbin, share, x11r6, games, lib, src.

/var/ : directory ini berisi file-file variable (spesifik pada mesin bersangkutan ).

/root/ : directory untuk user root.

/proc/ : directory ini berisi filesystem virtual dukumentasi kernel dan proces status seperti file text.

Perbedaan Harddisk IDE, Ata, Sata, Dan SSD

Hardisk adalah salah satu komponen terpenting di komputer, untuk itu anda harus dapat mengenal tipe hardisk yang sesuai dengan kondisi komputer anda.


Secara Garis besar HD dapat kita golongkan menjadi 3 Macam brooo Yaitu IDE, ATA, dan SATA, Lalu apa sih perbedaan dari ketiga tipe HD Di atas??? Nah Nieh Jawabannya cekidot1!!!!
1. IDE
IDE (Integrated Drive Electronics ) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage . IDE interface di buat berdasarkanIBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atauCD-ROM drive . Walaupun IDE merupakan teknologi yang umum, kebanyakan orang menggunakan istilah IDE untuk merujuk pada spesifikasi ATA. SedangkanAHCI (Advance Host Controller Interface ) merupakan mekanisme hardware yang membolehkan software untuk berkomunikasi dengan SATA seperti host bus adapter yang didesain untuk hot-plugin dan native command queuing(NCQ ) yang dapat menaikan kemampuan komputer/sistem/hard disk terutama dalam lingkungan multi tasking dengan cara membolehkan drive untuk menjalankan perintah baca tulis yang dikirim secara acak dengan tujuan untuk optimalisasi perpindahan head pada proses pembacaan. AHCI telah di dukung oleh berbagai sistem operasi seperti Windows Vista dan Linux kernel 2.6.19.
2. ATA
Kebanyakan type drive yang digunakan oleh para pengguna komputer adalah tipe ATA (dikenal dengan IDE drive). Tipe ATA di buat berdasarkan standart tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit paralel dan terus berkembang dengan penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk. Standart terakhir adalah ATA-7 yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2001 oleh komite T13(komite yang bertanggung jawab menentukan standart ATA). Tipe ATA-7 memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec. kemudian selama tahun 2000 ditentukan standar untuk paralel ATA yang memiliki data rate sebesar 133 MB/sec, tapi paralel ATA terdapat banyak masalah hal singnal timin, EMI(electromognetic interference) dan intergitas data. Kemudian para industri berusaha menyelesaikan masalah yang di timbulkan oleh paralel ATA dan di buat standar baru yang di sebut Serial ATA (SATA)
ATA (Advanced Technology Attachment) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.
Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA seperti 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter (39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.
3. SATA
SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec
Keuntungan lainya dari SATA adalah SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer.
Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit di bandingkan drive ATA , kesimpulanya SATA lebih memiliki keuntungan dibandingkan ATA dalam connector, tenaga, dan yang paling penting performanya. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.
Inspirated from Dukom
4. Hardisk SSD
Seperti yang kita ketahui bahwa Harddisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk ) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.
Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan yaitu Kingston untuk memasarkan SSD Intel sehingga kehadiran kedua nama tersebut menjadikan pasar SSD makin bertambah. Nama yang sudah tidak asing lagi di dunia SSD adalah Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba dan bahkan Seagate pun akan merambah juga ke pasar SSD ini. Memang kedepannya media penyimpanan akan lebih mengarah ke SSD karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan saat ini seperti Harddisk.
Berikut ada beberapa keunggulan SSD dibandingkan dengan Harddisk mekanik, yaitu:
1. Konsumsi daya (power) SSD lebih sedikit bila dibandingkan HDD sehingga SSD lebih sesuai dipakai untuk piranti mobile. Artinya baterai dari piranti tersebut akan dapat bertahan lebih lama diantara waktu charging (pengisian baterai).
2. SSD memiliki umur data lebih panjang dan lebih tahan banting dibanding HDD. Dengan SSD maka pengguna terhindar dari kehilangan data karena misal adanya benturan ringan di notebooknya.
3. SSD memiliki read and write speed yang relative lebih tinggi daripada HDD. Hal ini berarti dengan SSD maka Anda tidak perlu menunggu lama saat booting komputer setelah tombol ON ditekan.
4. SSD memiliki bagian yang tidak bergerak sehingga mengakibatkan lebih tidak “brisik” dan lebih tidak sepanas HDD.
Memang diakui bahwa saat ini media penyimpanan SSD ini masih tergolong lebih mahal dan apalagi kapasitas maksimum SSD masih terbatas di pasaran.


Cara Merawat Komputer dan Tips Perawatan Komputer atau PC


Cara Merawat Komputer atau Tips Perawatan Komputer, khususnya CPU biasanya hanya akan dilakukan setelah terjadi keluhan atau kerusakan. Kayaknya hal ini kurang tepat. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang sering kita lupakan kaitannya dengan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC, yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.
Pertama dilihat dari sudut Hardware :
  1. Konsentrasi debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun Monitor. Khususnya pada komputer (PC) yang ditempatkan di ruang terbuka. Konsentrasi debu tinggi akan menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Selain itu pada saat musim penghujan atau suhu lembab debu akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktor yang dapat menghubung singkat (konsleting). Selain itu juga mengakibatkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer akan lebih sulit karena tidak ada cara lagi selain mengganti peripheral.
  2. Pendinginan. Pada beberapa jenis komputer khususnya komputer jadul memiliki suhu prosessor yang cukup tinggi namun memiliki cara pendinginan yang saya rasa masih kurang
  3. Space Harddisk yang tidak proporsional. Harddisk ukuran 80GB tentunya tidak proporsional kalau hanya ada 2 partisi masing-masing 40GB C dan D. Padahal pemakaian System C tidak lebih dari 10 GB.
  4. Pemasangan peripheral yang kurang pas atau kurang kokoh. Biasanya ini sering terjadi pada PC rakitan lokal. Sering cara pemasangan Motherboard atau peripheral lainnya dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Ini yang sering terlewatkan dalam cara merawat atau tips perawatan komputer. Hal ini bisa berakibat fatal
  5. Cara pemasangan soket yang kurang nancap, maksudnya kurang mantap atau kurang mak sleeppp… ini juga bisa berakibat fatal.
  6. Kondisi Power Suply. Ini sering lolos perhatian saat kita merawat komputer. Pada pemakaian yang sudah lama, kebanyakan power suply akan mengalami retak-retak pada solderan komponennya.
  7. Kapasitas Daya Power Supply yang kurang memadai
  8. Tidak Menggunakan Stavolt. Banyak orang yang meremehkan penggunaan stavolt maupun pemilihan jenis dan kualitas stavolt
  9. Suhu ruangan. Suhu ruangan ideal untuk PC sekitar 19 derajat Celcius
  10. Listrik yang sering drop/mati atau kurang daya. Hal ini akan menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown
  11. Kondisi fisik solderan, ini khusus pada Monitor. Kebanyakan kerusakan monitor disebabkan oleh solderan yang retak atau lepas akibat usia dan panas yang ditimbulkan selama pemakaian. Ini juga yang hampir pasti terlewatkan dalam cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC
Kedua dilihat dari sudut Software :
  1. Tidak sesuainya OS, Aplikasi dan volume data dengan spesifikasi Komputer yang digunakan.
  2. Sering menggunakan komputer untuk game-game kelas berat… wah2… kayak tinju saja. Menjalankan game pada PC akan banyak menghasilkan space-space Fragment dan file-file temporary yang memperlambat kinerja komputer
  3. Virus. Adanya virus dapat menyebabkan lambatnya akses pada komputer dan rusaknya system atau data. Bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan komputer macet/hang. Kalau sudah macet tidak ada cara lain selain menekan tombol Restart pada CPU. Apabila ini sering terjadi otomatis CPU sering mati tanpa proses ShutDown yang berarti akan memperpendek umur komputer khususnya Harddisk. Biasanya virus ditularkan melalui Flashdisk dan Internet bagi PC yang sering terkoneksi Internet. Selain itu tips pemilihan anti virus yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi kinerja komputer.
Dengan mengetahui hal-hal di atas maka untuk mengantisipasinya perlu dilakukan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC secara total sebagai berikut :
  1. Bersihkan debu yang menempel pada motherboard dan peripheral lain di bagian dalam CPU dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil untuk sudut dan celah-celah yang sempit. Lakukan juga pada Power Suply dengan cara membuka casing/box power suply terlebih dahulu dan perhatikan solderan-solderannya apakah perlu dilakukan penyolderan ulang.
  2. Gunakan udara bertekanan tinggi (kompressor) supaya peripheral benar-benar bersih dari debu. Atau cukup dengan Hair Dryer (pengering rambut). Tapi ingat atur pada suhu rendah supaya peripheral tidak meleleh.
  3. Lepas dan pasang kembali soket-soket peripheral. Hal ini untuk menjamin koneksi yang sempurna pada konektor-konektor peripheral… cukup sekali saja setiap perawatan PC.
  4. Ingat, Jangan menggunakan cairan Contact Cleaner dalam membersihan soket-soket konektor peripheral karena cara tersebut salah besar. Cairan Contact Cleaner sulit sekali (sangat lama) kering dan justru membuat debu mudah menempel.
  5. Perhatikan cara pemasangan Motherboard dan peripheral lainnya apakah ada skrup yang masih kurang atau kendor. Lengkapi dan kencangkan skrup-skrup tersebut
  6. Sesuaikan OS dan Aplikasi dengan spesifikasi komputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pada Harddisk. ini akan memperberat kinerja PC
  7. Buatlah partisi Harddisk yang proporsional. Misal Harddisk 80GB dengan Space Used C tidak lebih dari 5GB akan lebih baik kalau kita buat 3 partisi dengan 10GB untuk C, 35GB untuk D dan 35GB untuk E. Dengan demikin akses untuk System dan loading data akan lebih cepat.
  8. Jangan gunakan PC untuk game-game berat kecuali kalau memang komputer Anda dirancang untuk Game. Kalau memang maniak Game, gunakan saja Playstation.
  9. Gunakan Antivirus yang sesuai dan selalu Update, kalau perlu tiap hari Update… saya paling suka pakai Avira profesional 9.0 yang gratis…. yang penting Update paling tidak tiap 5 hari… Dengan adanya antivirus yang selalu update akan meringankan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC kita.
  10. Gunakan stavolt yang berkualitas. Banyak sekali stavolt murah dan murahan yang hanya bisa mengantisipasi perubahan tegangan PLN yang sempit. Biasanya stavolt seperti ini meski secara fisik ukurannya standar tapi sangat ringan dan tidak meyakinkan. Saya cenderung memilih stavolt dengan Servo Motor karena memiliki stabilisasi yang bagus. Namun ada juga Stavolt sistem Relay yang bagus tapi sekarang kayaknya sangat sulit diperoleh.
  11. Gunakan Pendingin Ruangan untuk PC… atau kalau tidak memungkinkan bisa dikompensasi dengan cara pemasangan Sirip Pendingin dan Coolling Fan Ekstra apabila suhu processor dirasa terlalu tinggi diatas 36 derajat Celcius. Khususnya ini terjadi pada komputer-komputer jadul.
  12. Pada waktu-waktu tertentu lakukanlah Defragment Harddisk untuk menata ulang urutan file-file agar kinerja komputer lebih ringan. Tetapi jangan terlalu sering..!!
  13. Lakukan Instalasi ulang OS dan Aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang  secara menyeluruh sekali dalam 1 thn rasanya tidak berlebihan untuk penyegaran seluruh system… apalagi kalau kita menginginkan upgrade system. (misal dari XP-SP1 ke XP-SP2 atau XP-SP3)
  14. Lakukan penghapusan atau Remove data atau Aplikasi yang sekiranya tidak efektif  (tidak pernah digunakan)…
  15. Sering-seringlah membersihkan Temporary file, Prefetch file, file-file Chokies dan file-file sampah di Recycle Bin.
  16. Selalu lakukan Backup pada data-data yang dirasa penting… Anda bisa mengcopynya pada CD… hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terkena serangan virus atau terjadi kerusakan fatal pada Harddisk
  17. Usahakan listrik Anda tidak drop/mati selama komputer bekerja. Kalau perlu naikkan daya listrik rumah Anda atau lebih baik lagi kalau Anda lengkapi dengan UPS sehingga apabila listrik mati mendadak masih ada waktu untuk menyimpan data dan Shutdown komputer
  18. Jangan terlalu lama membiarkan komputer Anda tidak terpakai (tidak pernah dihidupkan sama sekali dalam waktu lama). Paling tidak minimal setiap hari komputer dihidupkan sekitar 1 s/d 2 jam. Hal ini untuk menghangatkan bagian dalam CPU supaya bebas dari kelembaban udara.
  19. Hindarkan komputer Anda dari goncangan, getaran dan hentakan apalagi saat komputer menyala, hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada Harddisk
  20. Jangan segan-segan memanggil teknisi komputer untuk melakukan perawatan pada komputer Anda, apabila Anda merasa tidak mampu melakukannya.
Langkah-langkah Cara Merawat Komputer atau Tips Perawatan Komputer  atau PC di atas dapat dilakukan secara berkala sesuai kondisi komputer dan lingkungannya. Biasanya komputer yang segera memerlukan perawatan memiliki gejala-gejala seperti akses yang mulai melambat, sering macet/hang, sering scaning Drive C setiap saat komputer dihidupkan, blue screen memory, bobolnya Antivirus, Aplikasi yang sering error atau tidak berjalan sesuai fungsinya, dan hal-hal lain yang mengakibatkan pengguna mulai merasa tidak nyaman dengan kinerja komputernya.
1. Langkah-langkah membersihkan File Prefetch :
Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Prefetch – Select All (Ctrl-A) – Dell
2. Langkah-langkah membersihkan File Temporary :
Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Temp – Select All (Ctrl-A) – Dell
Setelah kedua langkah di atas jangan lupa bersihkan file2 sampah di Recycle Bin dengan cara Klik kanan Recycle Bin – Klik Empty Recycle Bin – Klik Yes
3. Sedangkan untuk membersihkan file-file Chokies Anda dapat menggunakan Software CCleaner
4. Untuk Management Partisi Harddisk Anda dapat gunakan Partition Magic 8.0 Free Download.
File2 Chokies akan muncul setiap kita koneksi ke internet. Semakin kita sering koneksi ke internet… baik itu browsing, download atau upload maka semakin banyak file2 Chokiesnya. Kalau Anda setiap hari koneksi ke internet, bersihkan file2 Chokies paling tidak sekali atau dua kali seminggu.
Tips perawatan komputer di atas kelihatannya sangat ribet dan merepotkan namun apabila kita kerjakan akan berpengaruh besar pada kinerja dan usia pemakaian komputer Anda.
 MATERI K3lh Tentang Komputer
BANYAK YANG INGIN TAHU APA itu sebenarnya ... ayo kita simak MATERI K3LH KOMPUTER

A.

Persyaratan pencahayaan ruang komputer.
Pencahayaan ruang komputer harus memungkinkan orang bekerja dengan enak dan mata tidak mudah lelah. Pekerjaan
dengna tingkat ketelitian dan kecermatan seperti di ruang komputer dibutuhkan intensitas nilai pencahayaan 40 sampai
dengan
pencahayaan
dari

B.
http://1.bp.blogspot.com/_zxLyn9thjQU/S9ZBTUtTmaI/AAAAAAAAAR8/DJx1rH9M0s4/s1600/1.png

Tata letak ruang komputer.
Pada butir­butir sebelumnya telah dibahas berbagai pertimbangan dalam perencanaan maupun pemilihan ruang komputer,
yang meliputi sifat pelayanan, keamanan ruang, persyaratan kondisi ruang dan aliran garapan yang direncanakan atau
ditentukan.
Berdasarkan pertimbangan­pertimbangan yang telah dutentukan, ruang komputer sebaiknya memenuhi:
a. Pemilihan material untuk pembuatan ruang dianjurkan memenuhi ketentuan ketahanan terhadap api, berdasarkan standar
NEPA.
b. Dinding dan plafon mampu menyerap suara yang ditimbulkan dalam ruang, dan menahan suara serta panas dari luar
ruangan.
c. Jauh dari daerah atau vents pelepas panas dan asap.
d. Jauh dari daerah kegiatan mesin pres atau sejenisnya yang menimbulkan sumber getar.
e. Tidak langsung dibawah lantai yang banyak tandon air atau kegiatan yang menggunakan banyak air.
f. Tidak
g. Jauh dari pusat pembangkit medan listrik dan medan magnet, seperti gardu induk, gardu transformator, saklar pemutus
beban listrik besar, saluran listrik berdaya besar dengan kawat telanjang, motor­motor listrik.
h. Jauh dari daerah untuk kegiatan proses kimia, seperti pembuatan printed dengan proses etching.
i. Jauh proses material yang menimbulkan debu atau asap.
Disamping itu, sebagai bagian dari Instalansi Komputer, ruang komputer dalam pengaturannya harus menunjukkan kesatuan
dengan ruang­ruang lain, seperti:
­
Ruang
­
Ruang penyimpan pita dan cakram magnetis.
­
Ruang penyiapan data.
­
Kantor bagian pemrograman (Programmer Office).
Hal lain yang perlu dipikirkan dan direalisasi dalam memilih ruang komputer adalah letaknya harus sedemikian rupa
sehingga hanya orang­orang yang berkepentingan dan erat kaitannya dengan pemrosesan data yang dapat dan mudah
mencapai ruang komputer.

C.

Persyaratan tekhnis ruang komputer.
Syarat tekhnis ruang komputer tidak lepas dari sifat amannya ruang terhadap gangguan­gangguan, yaitu :
a. Terjaminnya nilai temperatur ruang.
b. Terjaminnya nilai kelembaban ruang.
c. Bebas debu.
d. Bebas pengaruh medan magnet dan listrik.
e. Bebas getaran.
f. Bebas asap.
g. Bebas dari gas­gas tertentu
h. Bebas zat kimia.
i. Terjaminnya nilai pencahayaan.
j. Akustik ruang.

Mengatur posisi duduk.
Penempatan kursi, meja mouse, keyboard, dan layar komputer yang benar akan membantu membuat perubahan dalam
mencegah resiko gangguan kesehatan.
Mengatur
Penempatan kursi, meja mouse, keyboard, dan layar komputer yang benar akan membantu membuat perubahan dalam
mencegah
­

AREA KOMPUTER
.
Biarkan area komputer di ruangan teratur. Alat­alat yang sering digunakan sebaiknya dekat sehinnga mudah
menjangkaunya.Hindari mata terlalu dekat dengan komputer

 

21

Cara Merawat Hardisk Agar Tidak Cepat Rusak
by ahman " creativ" in


Pasti tidak inginkan Hardisk anda seperti gambar di atas makanya hardisk anda perlu di jaga dan di rawat,,,di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga Hardisk semoga bermanfaat,,,
Fungsi Harddisk sangat vital pada komputer. Oleh karena itu, merawat harddisk merupakan kewajiban yang tidak boleh dilupakan jika anda ingin komputer yang anda gunakan dapat bekerja secara maksimal. Penggunaan Komputer yang terlalu lama tanpa adanya perawatan dari sang pemilik dapat menyebabkan menurunnya kinerja komputer.
Semua data data penting didalam komputer tersimpan didalam harddisk. Bayangkan jika suatu saat harddisk menjadi rusak dan anda belum sempat melakukan backup..maka data data penting anda akan lenyap seketika.sebenarnya ada sebuah program yang dapat digunakan untuk mengembalikan  data yang hilang..Download Disini
Walaupun sudah ada software-software yang bisa mengembalikan data data yang sudah terhapus,tapi alangkah baiknya kalo kita dari awal telah mencegahnya terlebih dahulu sehingga hal demikian tidak akan terjadi..seperti kata pepatah,Sedia payung sebelum hujan..
Berikut ini adalah cara untuk merawat harddisk:

  1. Installah sebuah antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda..kalau bisa antivirusnya harus rutin di update.
  2. Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang penting.
  3. Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada batsector didalam harddisk.
  4. selalu lakukan Defragment 2 minggu sekali agar data data didalam harddisk selalu tersusun rapi.
  5. Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file,duplikat file,dan recycle bin..anda bisa menggunakan Ccleaner
  6. Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU..karena Harddisk sangat sensitiv.jika terkena goncangan,maka data data didalam harddisk terancam hilang.
  7. jangan menyimpan data terlampau banyak.maksudnya jangan sampai free harddisk sampe tinggal beberapa kylobyte..tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 20 MB..apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.
  8. uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk
  9. Pakailah UPS atau Stavolt..Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam,komputer tidak akan langsung mati.jadi kita bisa menyimpan dulu data baru dimatikan.Komputer yang tiba tiba mati tanpa di shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.
  10. ventilasi yang cukup..jangan meletakkan CPU ditempat yang terlalu sesak atau sempit..karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas.Jadi sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan ditempat yang agak luas..
  11. Shut Down komputer dengan benar. Hal yang juga sangat penting bagi pemilik computer dengan sistem operasi Windows 9x ke atas atau Macintosh adalah tidak sembarangan mematikan komputer! Pada sistem operasi tersebut, terdapat cara untuk mematikan komputer dengan benar (properly shut down). Jika mematikan computer tidak dilakukan dengan cara yang benar, risikonya Anda akan kehilangan data-data penting, atau file-file yang disimpan akan menjadi rusak. Kemungkinan lain, komputer tersebut tidak akan bekerja karena harddisknya rusak atau muncul bad sector. Ini berbahaya, Bung! Jadi, gunakanlah perintah shut down tersebut. Jangan menjadi tidak sabaran. Waktu yang Anda keluarkan untuk menunggu komputer tersebut untuk benar-benar mati tidak sebanding dengan waktu yang akan Anda keluarkan jika terjadi masalah pada computer Anda. Belum lagi dana yang Anda harus keluarkan kalau terjadi kerusakan fisik pada harddisk kesayangan Anda.

Tips Merawat Motherboard/Mainboard



Tips Merawat Motherboard/ Mainboard - Setelah membahas tentang tips merawat hardisk sekarang kita akan bahas tips merawat mainboard atu motherboard, sebelumnya kita akan cari tahu apa sih motherboard itu? dari wikipedia gue menemukan "Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa PCB yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.


Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar"


Nah, sekarang tinggal mengetahui cara merawat motherboard kalo momther boardnya rusak otomatis komputer juga tidak bisa beroperasai dengan normal, maka dari itu motherboard harus dirawat dengan baik dan berikut 6
tips merawat motherboard atau mainboard.

Agar mainboard ini bisa lebih lama atau awet dalam pemakaian maka perlu diperhatikan tips singkat berikut ini :


  1. Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
  2. Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
  3. Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
  4. Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
  5. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
  6. Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dlam seminggu
  7.  
  8.     

    7 Aplikasi Untuk Mempercepat Kinerja Komputer

    22.42 | , ,
    7 Aplikasi Untuk Mempercepat Kinerja Komputer - Memiliki komputer yang kinerjanya lambat sungguh menjengkelkan. Terutama bila kita memiliki tugas kantor maupun tugas sekolah yang segera harus diselesaikan dan waktu yang kita miliki terbatas, sehingga bagaimanapun caranya kita harus menyelesaikan tugas kita dengan tepat waktu.


    Kali ini saya akan share beberapa aplikasi/software pilihan untuk mempercepat kinerja komputer/PC maupun laptop Anda.


    1. CCleaner

    CCleaner adalah aplikasi yang paling populer untuk mengoptimalkan sistem Windows. CCleaner dibekali beberapa fitur ‘canggih’, salah satunya adalah registry cleaner. CCleaner tersedia untuk semua versi Windows. Sayangnya CCleaner tidak mempunyai fitur untuk mem-backup registry Anda. Jadi, disarankan agar Anda membuat cadangan manual registry Anda. Dari beberapa software cleaner yang saya coba, saya lebih menyukai cleaner yang satu ini. Anda ingin juga mencoba silakan download.

    Download aplikasi disini

    2. TuneUp Utilities 2012  
    Semua kerja TuneUp Utilities dapat diakses melalui interface umum yang terbagi menjadi enam kategori. Perangkat lunak ini sangat membantu baik bagi pemula maupun yang ahli untuk membuat Windows memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih baik, lebih mudah dan aman. Semua sistem penting dijelaskan dengan cara yang mudah dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan klik dari mouse anda. TuneUp Utilities akan membuat perubahan yang diperlukan dalam registri atau file boot secara otomatis.

    Download aplikasi disini dan Serial Number 

    3. Eusing Free Registry Cleaner

    imageEusing Free Registry Cleaner adalah utilities yang dapat membersihkan registry secara optimal. Bahkan versi terbarunya sudah compatible dengan windows 7. eusing Free Registry Cleaner dapat menscan registry dan menyempurnakan invalid keys. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh ccleaner. Untuk penggunaannya Anda dapat membuka through analysis di salah satu opsi-nya. download here.

    4. nCleaner Second

    ncleanernCleaner sangat dianjurkan bagi Anda yang gemar menginstall program. Tools ini sangat bagus dalam menganalisa registry. Versi terbarunya nCleaner second termasuk salah satu tools yang paling komprehensif dalam membersihkan system. Seperti CCleaner, nCleaner juga memiliki fitur pembersih registry. Sayangnya, saat ini nCleaner belum tersedia untuk Windows 7. nCleaner hanya mendukung Windows XP, 2003, dan Vista. download disini.


    5. Auslogics Registry Cleaner
    Auslogics registry cleanerBerbeda dengan tools-tools sebelumnya, Auslogics memiliki tampilan yang sederhana dan simple. Namun, fitur dan kinerjanya patut diacungi jempol. Tools ini sangat cocok bagi Anda yang pemula dan belum mengenal jelas perangkat-perangkat penting windows. Auslogics Registry Cleaner didistribusikan untuk Windows XP, Vista, 2003 dan juga Windows7 yang sudah mendukung platform 32 – dan 64-bit. Satu hal yang menarik adalah Auslogics dilengkapi dengan wizard yang menuntun Anda untuk men-scan. Anda dapat memilih opsi cepat atau scan lebih dalam. download disini saja.

    6. Wise Registry Cleaner

    wise registryWise Registry Cleaner termasuk cleaner paling baik dalam menganalisa registry. Wise dilengkapi banyak pilihan, namun dengan tampilan yang tetap jelas dan simpel. Sehingga bagi pemula, tool ini sangat mudah digunakan. Seperti Auslogic, tools ini juga dilengkapi wizard yang akan membimbing pemakai setiap langkah yang harus dijalankan untuk pertama kalinya. kunjungi situs

    Wise Registry Cleaner tersedia untuk Windows 98 hingga windows 7 dan mendukung 32 – dan 64-bit. Ketika Anda menjalankan Wise Registry Cleaner untuk pertama kalinya, Anda akan disambut dengan sebuah jendela yang menyediakan link ke panduan singkat. Pemberitahuan berikutnya menawarkan untuk membuat cadangan registry secara otomatis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir bila suatu saat terjadi kesalahan, Anda dapat merestore-nya seperti semula.

    7. SpeedXp

    SpeedXpKhusus software kali ini fungsinya bukan untukmemperbaiki registry melainkan untuk mempercepat kinerja komputer. Jadi bagi anda yang komputernya lambat, silakan saja coba software ini. ini link downloadnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar